Kamis, 05 Februari 2015

Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Dunia Periklanan

Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Dunia Periklanan


Iklan cetak pertama muncul di Inggris tahun 1472, yaitu berbentuk poster tentang terbitnya buku-buku doa gereja. Iklan Siquis muncul di Inggris pada akhir abad 15 berupa iklan tempel (want ad / iklan cari). Iklan ini mengandung unsur frase “ Siapapun mengetahui” atau “siapapun yang menginginkan”. Surat kabar pertama terbit di London tahun 1650, surat kabartersebut menggunakan cara-cara pemberitaan berbentuk iklan. Di Amerika serikat surat kabar yang pertama memasang iklan adalah Boston Newsletter pada tahun 1704. Benyamin Franklin dipandang sebagai orang AS pertama yang memperkaya informasi dari iklan dengan menambah suatu tekanan pada segi ilustrasi sehingga efek iklan makin kuat.
Pada tahun 1839, penemuan fotografi telah memberikan kemudahan dalam proses pembuatan iklan dan menambah kredibilitas dan dunia baru bagi kreativitas iklan. Di AS selajutnya perkembangan Periklanan media cetak surat kabar kemudian merambah pada media majalah, bulan juli 1844 iklan majalah pertama secara khusus muncul dimajalah Southern Messenger, di bawah arahan Edgar Allen Poe. Munculnya teknologi komunikasi seperti telepon, telegraf dan juga film masa periode ini membawa kemajuantersendiri bagi dunia periklanan. Menjelang akhir abad 18 atau di awal abad ke 19mulai ada perubahan dalam penggunaan media dari media cetak kepenggunaan media elektronik. Iklan radio mulai dikenal pada tanggal 2 November 1920 di Pittsburg, Pensylvania, Penggunaan televisi diperkenalkan pada tahun 1930-an maka J. Walter Thomson mulai menjajagi  pemasangan iklan melalui layar kaca.
Perkembangan teknologi baru diawal abad ke 21 membawa pengaruh yang besar bagi dunia periklanan. Televisi kabel dan satelit penerima memungkinkan orang untuk menonton saluran televisi yang memiliki program spesifik. Penggunaan televisi kabel menjadikan televisi berubah dari media yang memliki jangkauan yang luas ke penggunaan jangkauan yang lebih khusus. Teknologi komputer juga memberikan pengaruh yang besar bagi dunia periklanan dengan menggunakan internet dalam menjangkau konsumen yang potensial. Sifat interaktif dari internet memungkinkan konsumen untuk mencari informasi produk yang mereka inginkan. Iklan masa kini memang sudah dilengkapi dengan visual efek yang membuatnya nampak canggih dan modern. Jaman sekarang tak sedikit iklan yang lebih kreatif dari iklan masa lalu. Tentu saja karena jaman sudah berubah, orang-orang membutuhkan sajian yang lebih ringkas dan tidak bertele-tele. Namun ada juga yang menggunakan konsep cerita, dikemas dengan lagu dan konsep yang modern.
CONTOH PERKEMBANGAN IKLAN DARI ZAMAN KE ZAMAN



Iklan masa kini memang sudah dilengkapi dengan visual efek yang membuatnya nampak canggih dan modern. Jaman sekarang tak sedikit iklan yang lebih kreatif dari iklan masa lalu. Tentu saja karena jaman sudah berubah, orang-orang membutuhkan sajian yang lebih ringkas dan tidak bertele-tele. Namun ada juga yang menggunakan konsep cerita, dikemas dengan lagu dan konsep yang modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar